Kategori
Cooking

Kreasi Olahan Berbahan Daging Ayam Sisa

Kreasi Olahan Berbahan Daging Ayam Sisa

Kreasi Olahan Berbahan Daging Ayam Sisa, – Pada saat memasak biasanya sering sekali menemukan ada bahan-bahan sisa dalam jumlah yang masih banyak, sebagai contohnya adalah daging ayam.

Terkadang ada sisa dari daging ayam yang tak bisa ikut diolah sehingga sering dibuang. Padahal, sisa dari daging ayam dapat diolah menjadi menu yang lezat dan menggugah selera.

Terkutip dari laman IDN Poker 88 Asia, Untuk kamu yang penasaran apa saja kreasi olahan berbahan sisa daging ayam, berikut lima daftarnya.

1. Leftover chicken and potato bake

Menu yang satu ini dapat dibilang sebagai olahan mengenyangkan. Tak sulit membuat menu ini sebab kamu dapat menggunakan sisa-sisa bahan dari kentang dan daging ayam. Perpaduan rempahnya juga sangat lezat dengan sensasi rasa yang menggugah selera.

2. Leftover chicken pie

Bosan dengan menu ayam yang itu-itu saja? Kamu juga dapat mengolah sisa daging ayam menjadi menu pai lezat yang lembut. Pai tersebut memiliki isian yang sangat beragam, seperti sayuran dan daging ayam. Cita rasanya pun juga sangat kaya akan cita rasa.

3. Leftover chicken noodle soup

Bahan sisa seperti daging ayam dapat kamu olah secara mudah menjadi menu lezat seperti sup yang satu ini. Tak hanya potongan daging ayam, ada pula beberapa jenis sayuran seperti wortel dan mie pasta. Sensasi rasanya juga sangat lezat dan meresap.

4. Leftover roast chicken fried rice

Jika kamu bingung untuk mengolah sisa daging ayam di dapur, menu ini juga mungkin bisa menjadi pilihan. Selain mengenyangkan karena terdapat nasi di dalamnya, namun menu ini sangat kaya akan rempah dengan tambahan sayuran dan daging ayam panggang di dalamnya.

5. Chicken salad

Menu yang satu ini sangat jauh dari kata repot dan dapat kamu olahan dengan mudah di rumah. Olahan sisa daging ayam yang digunakan juga akan disuwir-suwir dan dipadukan dengan aneka bahan lain seperti alpukat dan selada. Urusan cita rasa sudah tentu lezat dan menggugah selera.

Nah aneka menu lezat di atas menggunakan sisa daging ayam sebagai bahannya. Sudah tentu mudah membuatnya sendiri di rumah, bukan?

Kategori
Cooking

Soto Unik Khas Karo dari Usus Besar Sapi

Soto Unik Khas Karo dari Usus Besar Sapi

Soto Unik Khas Karo dari Usus Besar Sapi, – Di Medan, Sumatra Utara, ada sebuah kuliner unik khas suku Karo bernama Trites. Trites atau pagit-pagit berarti pahit.

Makanan ini berbentuk sup dengan kuah berwarna cokelat. Bahan utamanya rumput isi perut besar sapi yang belum dicerna.

Dikutip dari laman Daftar Joker123, Jika orang Sunda memiliki soto betawi, orang Karo memiliki soto yang berwarna coklat yang berbahan dasar rumput dari usus besar sapi.

Mendengar kalimat “makanan berasal dari usus besar sapi”, pasti kamu langsung berpikir bahwa makanan tersebut adalah olahan dari kotoran sapi, bukan?

Yups, orang Karo sudah terbiasa dengan anggapan tersebut. Tapi kamu perlu tahu nih bahwa rumput yang diolah belum dicerna oleh sapi, lho. Jadi belum termasuk kotoran sapi ya.

Nah, bagaimana dan apa sih Trites makanan khas Karo ini? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Trites perasan rumput yang diambil dari usus besar sapi

Sapi hewan yang bisa mengonsumsi kembali makanan yang sudah di dalam perut. Cara kerjanya adalah sapi akan menyimpan makanan di dalam perut besar dan suatu waktu akan dikeluarkan melalui mulut dan kembali dikunyah sehingga masuk ke dalam pencernaan yang menjadi kotoran.

Nah, Trites makanan khas Karo ini berbahan dasar rumput yang diambil dari perut besar sapi yang belum dicerna. Jadi, meskipun dari lambung, rumput ini masih segar dan layak untuk diolah.

Nah, kamu wajib tahu bahwa di sini bukan rumptunya yang akan dimakan melainkan air perasannya. Caranya, rumput akan diperas lalu disaring dengan kain tipis.

Hal ini bertujuan supaya serat dalam rumput tidak masuk. Kemudian, air perasannya akan direbus hingga 3 jam sehingga menghasilkan kaldu yang gurih.

Jadi gimana? Kamu sudah bisa buang anggapan bahwa Trites ini dari kotoran sapi?

Diolah dengan bumbu khas Karo

Salah satu bumbu utama dalam pembuatan Trites adalah kayu cingkam atau sering juga dikenal dengan pohon gadog dan asam cikala (bunga kecombrang).

Kedua bumbu ini harus digunakan untuk menghilangkan bau amis karena berasal dari perut sapi. Tak lupa juga bumbu khas lainnya seperti andaliman dan rimbang kemudian bumbu lain seperti cabai, jahe, kunyit, kemiri hingga serai.

Tidak bisa sembarang masak, jika salah meramu rasanya akan hambar bahkan bisa menimbulkan bau amis. Nah, supaya rasanya semakin gurih dan kaldunya yang kental masyarakat Karo biasanya mencampurkan susu ke dalam Trites.

Makanan halal dan pengolahannya yang masih tradisional

Untuk menghasilkan cita rasa yang khas, maka hingga sekarang dalam pengolahan Trites masih menggunakan kayu bakar yang dibentuk dengan tungkuan api. Tak heran, proses pembuatannya membutuhkan waktu 5 jam lebih.

Kamu wajib tahu bahwa dalam memasak Trites ini baik ibu maupun bapak harus terlibat. Masyarakat Karo sebutnya, aron yang artinya bekerja sama ataupun gotong royong.

Makanan halal, Trites bisa dicampurkan dengan daging sapi, tulang lembu, kambing bahkan kikil. Selain itu, bisa juga dicampurkan dengan daun ubi, jamur dan rimbang. Wajib coba ya kalau lagi berwisata di tanah Karo.

Bisa dijadikan obat, salah satunya melancarkan sistem pencernaan

Menurut masyarakat setempat, olahan Trites ini bisa mengobati beberapa penyakit. Trites bisa manjur mengobati sistem pencernaan, penyakit maag hingga meningkatkan nafsu makan.

Trites bisa menjadi obat dikarenakan rasa pahit dan kelat pada rumput isi usus besar sapi, memiliki kandungan tanin. Kandungan ini, sekaligus membuktikan bahwa rumput yang berada di dalam usus besar sapi masih segar dan layak untuk dikonsumsi.

Disajikan pada hari-hari tertentu, seperti kerja tahun (pesta panen)

Selain membutuhkan waktu lama, pembuatan Trites ini juga dibutuhkan sapi besar yang memakan biaya puluhan juta. Dengan demikian, soto khas Karo ini hanya dihidangkan saat acara-acara tertentu seperti pesta kerja tahun, Merdang Merdem (pesta panen) atau sering juga disebut sebagai pesta kerja tahun.

Acara besar dan pemotongan sapi ini, sekaligus membuktikan rasa musyawarah dan bergotong royong masyarakat Karo.

Karena tanah Karo pada umumnya bertani, pembuatan acara besar tersebut diyakini sebagai bentuk ucapan syukur kepada Tuhan atas hasil tani yang melimpah dan tahun -tahun selanjutnya pertanian yang dikelola masyarakat juga diharapkan memiliki hasil yang melimpah.

Kategori
Music

5 Lagu Hit Didi Kempot Ini Masih Banyak Diunduh

5 Lagu Hit Didi Kempot Ini Masih Banyak Diunduh

5 Lagu Hit Didi Kempot Ini Masih Banyak Diunduh – Alunan-alunan irama dari penyanyi Didi Kempot di atas panggung, kini sudah tak ada lagi. Salah satu musisi terbaik genre campur sari itu telah pergi untuk selama-lamanya.

Bahkan setelah kepergiannya, Didi Kempot masih terus memiliki banyak penggemar. Tidak heran banyak yang masih men-download atau mengunduh lagu sang maestro Campur Sari agar bisa menjadi pengobat rindu mereka.

Maka, dari situlah terlihat lagu-lagu mana saja yang tak lekang oleh waktu dan masih menjadi pilihan terbanyak oleh para Sobat Ambyar untuk mengunduhnya.

Didi Kempot memang telah meninggalkan dunia ini. Para penggemar setianya atau sombat ambyar tentu merasa kehilangan.

Melansir dari http://ratutogel.com/ Namun lagu-lagunya masih sangat populer bagi berbagai kalangan dan lapisan masayarakat. Berikut adalah beberapa judul yang masih menjadi perhatian para penggemarnya.

1. Stasiun Balapan

Didi Kempot meninggal dunia

Wah, rasanya lagu berjudul “Stasiun Balapan” ini memiliki popularitas yang luar biasa antara berbagai lapisan masayarakat.

Tidak hanya itu, tembang dengan irama syahdu ini juga sangat populer bagi bermacam kalangan usia, padahal tanggal rilisnya sudah bertahun-tahun lalu.

Lirik lagu “Stasiun Balapan” ini begitu sendu. Isinya mengisahkan tentang seseorang yang mengantarkan kekasihnya berangkat ke Stasiun Solo Balapan.

Orang itu menahan rindu mendalam kepada pasangannya. Meskipun janjinya hanya pergi sebentar, nyatanya ia tidak kunjung kembali.

2. Banyu Langit

Berkat Gofar Hilman, Honor Manggung Didi Kempot Melejit : Okezone Celebrity

Sobat ambyar yang sangat menyukai lagu-lagu berkaitan dengan kisah patah hati tentu tidak akan melewatkan tembang berjudul “Banyu Langit” ini. Liriknya bercerita tentang seorang kekasih yang pergi meninggalkannya. Pilu sekali, bukan?

Lagu yang cocok menjadi teman saat suasana sendu ini berisi kisah seseorang saat menunggu kekasihnya untuk kembali. Ia rela menahan rindu cukup lama. Namun, sayang beribu sayang, orang itu justru meninggalkannya dan tak pernah datang lagi.

3. Suket Teki

Ribut soal agama Didi Kempot, eks menteri beri jawaban adem

Suket teki artinya merupakan salah satu nama rumput. Lagu sang maestro ini juga merupakan satu dari sekian banyak musik andalan sobat ambyar.

Liriknya bercerita mengenai sebuah kisah pilu dari seseorang yang memegang janji untuknya tetapi pemberinya justru ingkar.

Mungkin lagu ini sangat cocok bagi sobat ambyar yang baru saja mengalami pengkhianatan entah dari teman, keluarga atau kekasih.

Isinya jelas sekali menyuratkan kekecewaan mendalam. Seorang yang memberi jani harus menepatinya, tetapi sedih karena malah mengingkarinya.

4. Pamer Bojo

Malam Ini Didi Kempot Goyang Sobat Ambyar di Pekanbaru

Dalam Bahasa Indonesia, pamer bojo artinya memamerkan istri atau suami. Lagu ini memuat kisah pilu layaknya lagu-lagu populer Didi Kempot lainnya. Isinya berupa kisah seseorang yang merindukan kekasihnya karena lama tak berjumpa.

Pada lagu pamer bojo, orang yang menunggu kekasihnya sambil menahan rindu itu akhirnya bertemu dengannya. Namun, sayang sekali pacarnya itu justru membawa pasangan barunya seolah-olah sedang “Pamer Bojo”. Bahkan banyak orang yang ingin download lagu ini.

5. Dalan Anyar

Didi Kempot Sukses Buat Mahasiswa Ambyar di Penutupan PKKMB Unmer 2019 - MalangVoice

Satu lagi lagu ambyar dari penyanyi campur sari paling populer dari negeri ini, yaitu “Dalan Anyar”. Dalam Bahasa Indonesia ini artinya adalah jalan baru.

Makna dari tembang yang satu ini benar-benar berisi kisah pilu. Namun, pelafalan dan nada yang ia suguhkan cukup menarik untukpara pendengarnya.

Pada lagu “Dalan Anyar” ini, Didi Kempot menyampaikan sebuah kisah sedih tentang seseorang yang menyaksikan secara langsung saat kekasihnya berkencan dengan orang lain. Pedih sekali jika membayangkan memergoki pasangan berselingkuh.

Tetap Dikenang

Maka, sobat ambyar, itulah tadi 5 lagu Didi Kempot yang tak lekang oleh waktu. Meskipun beliau telah tiada, tetapi karyanya tetap menjadi kenangan indah bagi para penggemar setianya.

Selain kelima tembang tadi, masih ada segudang musik lain darinya. Semoga sang maestro pergi dengan tenang.

Kategori
Music

5 Musik Video KPop yang Ending-nya Tragis

5 Musik Video KPop yang Ending-nya Tragis

5 Musik Video KPop yang Ending-nya Tragis – Music video KPop berbagai boyband maupun girlband saat ini semakin menarik saja untuk ditonton. Gak cuma menampilkan pesona tiap anggota grup, namun juga menunjukkan alur cerita di mana bagian akhirnya tak mudah ditebak. Bahkan banyak MV KPop yang endingnya begitu tragis, tak sesuai perkiraan sebelumnya.

Penasaran akan MV KPop yang endingnya begitu tragis? Mari kita simak.

1. Severely – F.T Island

MV ini menceritakan tentang Hongki yang galau karena ditinggalkan selamanya oleh kekasihnya. Namun, seketika saja ia kembali ke masa lalu dan bertemu kembali dengan sang kekasih yang diperankan Seolhyun AOA. Karena tak ingin sang kekasih meninggal lagi, Hongki pun terus berada di sisinya dan berusaha melindunginya.

Sayangnya, ending dari MV ini tetap saja berakhir tragis. Hongki menyelamatkan kekasihnya dari kecelakaan, ia mengorbankan dirinya sendiri dan berakhir meninggal usai ditabrak mobil.

2. Lies – BIGBANG

MV ini sebenarnya amat membingungkan di awal, di mana kelima anggota BIGBANG terus-terusan mengikuti seorang wanita yang tampak sangat frustrasi. Hingga terungkap fakta bahwa sebetulnya wanita tersebut telah membunuh lelaki yang mencoba mengusiknya.

Melansir dari  http://haveyouseenhim.com/ G-Dragon saat itu menolong wanita itu, menyuruhnya kabur agar tidak ketahuan. Lantas G-Dragon mengusapkan darah dari lelaki yang dibunuh wanita tersebut dan berakhir di penjara.

3. Day by Day – T-ARA

Bercerita tentang Dani yang memiliki kekuatan khusus sehingga ia menjadi incaran gangster. Jiyeon yang merupakan pemimpin gangster berhasil menculik Dani demi melancarkan keinginannya menguasai dunia. Sejak itu, orang-orang menjadi saling membunuh karena Jiyeon berhasil menjadi penguasa sesungguhnya.

Hyomin yang merupakan kakak dari Dani bangkit, mengorbankan dirinya mati demi Dani saat Dani hampir dibunuh oleh Jiyeon. Salah satu kelebihan MV ini, yakni karena menyajikan banyak adegan perkelahian yang apik. MV ini juga terbagi menjadi dua bagian. Kamu boleh menonton lanjutan MV-nya yang berjudul “Sexy Love”.

4. Error – VIXX

MV dari VIXX memang kerap mengusung tema fantasi, sehingga tak heran apabila video ini juga menyajikan sesuatu yang berbeda dan luar biasa. Menceritakan tentang kekasih Hongbin (diperankan Youngji) yang meninggal dan membuat Hongbin segera mengubah kekasihnya menjadi cyborg dan ternyata berhasil.

Sayangnya, tindakan ilegal itu terbongkar. Beberapa pihak berwenang hampir menangkapnya bersama kekasihnya, namun Hongbin segera menarik tangan kekasihnya. Lantas, ia menghancurkan wujud dirinya sendiri bersama sang kekasih.

5. She’s Gone – G-Dragon BIGBANG

MV ini sebetulnya tidak benar-benar rilis secara resmi, hanya muncul di konser solo G-Dragon. Namun, penggemar mengaku bahwa video ini mempunyai akhir yang cukup menyeramkan, pun tak sesuai dugaan.

Dalam MV itu, tampak G-Dragon mengejar gadis yang dicintainya dalam labirin. Pada akhirnya, ia membunuh gadis itu. Berdasarkan pada arti lagunya, penggemar menduga bahwa penyebab dari pembunuhan G-Dragon terhadap kekasih itu karena ia jengkel dan merasa sangat dipermainkan.

Kategori
Cooking Kuliner

5 Warteg Kekinian yang Hits di Jogja, Ada Masakan Jepang dan Korea

Ada 5 Warteg Kekinian yang Hits di Jogja, Ada Masakan Jepang dan Korea

5 Warteg Kekinian yang Hits di Jogja, Ada Masakan Jepang dan Korea – Warung tegal atau warteg sudah sangat familiar bagi semua orang. Warteg udentik dengan sajian murah meriah dan pilihan menu yang beragam. Umumnya sih masakan ala rumahan.

Melansir dari https://superbandar.live/ jikake Jogja, kamu wajib menjajal warteg kekinian. Sesuai julukannya, warteg ini mampu hadirkan suasana baru. Yang awalnya terkesan sederhana kini lebih up to date dari segi tempat, juga makanannya. Ada yang tempatnya instagenic sekaligus asri bertema botanical. Bahkan yang terbaru warteg di Jogja tawarkan masakan khas Jepang dan Korea.

Kamu penasaran? Langsung gaspol ke lima lokasi warteg kekinian di Jogja berikut.

1. Happy Bee

Warteg satu ini tawarkan konsep kekinian lewat masakan. Mulai dari Rp10.000, kamu sudah bisa coba menu Korea dan Jepang. Untuk penyajian ada dua pilihan yakni ricebowl dan bento. Saran saja, mendingan pesan yang banyak sekalian biar gak rugi antri.

Ada juga menu ayam bulgogi khas Korea. Kalau favorit masakan Jepang pilih saja gyudon. Untuk menyesuaikan lidah lokal tersedia tiga macam nasi. Mulai dari nasi putih, nasi kare, dan huangzou. Oleh karena itu, jika ingin yang berkuah pilih menu tomyam goong. Isinya terdiri dari cumi, bakso ikan, udang dan potongan nanas segar. Kuahnya paling cocok diseruput hangat. Komplit kan?

Happy Bee berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No 99-101, Galeria Mall Lantai 3, Terban, Gondokusuman, Jogja. Waktu operasional mulai pukul 11.00 WIB sampai 20.00 WIB.

2.Warteg Mariam

Makan di sini itu unik banget karena konsepnya prasmanan. Kamu bebas racik sendiri makanan apa saja yang ingin disantap. Kalau dihitung ada sekitar 30 macam lauk. Semuanya enak dan bikin kalap.

Kalau pusing menentukan pilihan, bisa juga dengan lauk ikan patin pedas saja. Ada juga potongan dagingnya besar dan tebal. Enak disantap bersama nasi oncom. Harga per porsinya terbilang ramah kantong yakni mulai Rp2.000 saja.

Lokasi di Sebrang Indomaret Wirobrajan, Jalan Kapten Pierre Tedean No 29, Wirobrajan, Jogja. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 21.00 WIB.

3.Warung Layar Sentuh

Meski kekinian, warteg satu ini tetap menyajikan menunya pakai piring enamel. Jadi kesan jadulnya sangat kental.

Spot terbaik saat makan adalah area kolam renang mini di mana kamu juga bisa sembari bersantap bisa sambil melihat hamparan sawah. Dengan ditemani sepiring tempe mendoan yang datang bersama cocolan sambal kecap.

Namun jika kalian lagi lapar sekalian makan siang dengan nasi merah dan lauk cumi hitam. Terkenal enak, potongan cuminya empuk banget. Begitu nagih karena irisan pete di dalamnya. Sebelum mampir, siapkan uang mulai dari Rp5.000 sampai Rp24.000.

Berlokasi di Jalan Palem Raya, Tambakan, Ngaglik, Sleman, Jogja. Buka mulai pukul 09.00 WIB sampai 22.00 WIB.

4. Legit Dapur Kebun

Masakan rumah jadi menu andalan di sini. Lauk juga sudah tersedia di etalase sedang sayurnya baru dimasak begitu ada yang pesan. Biar gak bingung, wajib pesan lidah tumis bawang bombay. Teksturnya empuk dan wanginya menggugah selera. Yang datang sendiri lebih baik pesannya setengah saja karena porsi utuhnya lumayan besar.

Sambil menikmati area kebun yang rindang pesan juga sukun goreng untuk ngemil. Istimewa dengan cocolan sambal. Menutup santap siang cocoknya minum es mangga muda. Isinya serutan mangga muda campur biji selasih dan jeruk peras.

Namun untuk soal harga terbilang lebih mahal dari tempat lain. Tapi worthed dari segi rasa dan porsinya. Siapkan saja bujet mulai kisaran harga Rp7.000 sampai Rp68.000.

Ingat, tempat ini libur tiap hari selasa. Lokasinya ada di Jalan Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur, Depok, Sleman, Jogja. Waktu operasional mulai pukul 09.30 WIB sampai 20.30 WIB.

5. Sekeco Kitchen

Selain via online, kini Sekeco Kitchen bisa makan di tempat. Menu yang ditawarkan konsisten dengan sajian khas nusantara.

Salah satu lauk andalannya adalah sambal goreng ati sapi. Bumbunya terasa legit, gurih, dan pedas. Cocok disantap bersama nasi putih.

Oleh karena itu, biar makin nampol jangan ketinggalan sama sambal terasi. Sekalian tambah pelengkap seperti kering tempe, semur jengkol, tumis pepaya, dan lain lain. Dengan bujet mulai Rp2.000 kamu sudah bisa kok pesan makan di sini.

Warteg yang terkenal bersih ini bisa kamu datangi di Jalan Nogorojo No 9A, Gowok, Caturtunggal, Sleman, Jogja. Setiap hari buka mulai pukul 10.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Kategori
Cooking

Resep Masak Ayam Goreng Saus Tiram yang Simpel

Resep Masak Ayam Goreng Saus Tiram yang Simpel

Resep Masak Ayam Goreng Saus Tiram yang Simpel – Hidangan yang terbuat dari daging ayam memang tidak pernah salah. Diolah dengan berbagai bumbu tak mengurangi kelezatannya. Sehingga, wajib hukumnya untuk selalu punya stok protein satu ini.

Biar tidak ayam goreng tepung yang kamu masak, cobalah ayam goreng saus tiram. Bumbunya nikmat, meresap pula sampai ke tulangnya. Dijamin bakal kalap dan nambah nasi berkali-kali. Mari, simak resep ayam goreng saus tiram berikut ini.

1. Bahan-bahan yang harus tersedia

Bahan-bahan:

500 gram daging ayam
1 butir jeruk nipis, ambil airnya
1 buah bawang bombay, iris memanjang
5 siung bawang putih, haluskan
2 ruas jahe, memarkan
2 buah cabai merah
5 sdm saus tiram
2 sdm saus sambal
3 sdm kecap manis
100 ml air
lada bubuk secukupnya
garam secukupnya
gula pasir secukupnya

2. Rendam daging ayam dengan air jeruk nipis

Bersihkan daging ayam terlebih dahulu dengan air mengalir sampai tak bernoda. Tiriskan sampai tuntas, lalu letakkan di atas talenan. Potong daging ayam menjadi beberapa bagian, pastikan tak terlalu kecil ya.

Setelah itu, masukkan seluruh potongan daging ke dalam mangkuk. Berikan air perasan jeruk nipis dengan sedikit garam, lalu balurkan ke daging ayam. Biarkan selama 20 menit.

3. Goreng ayam hingga setengah matang

Tuang juga cukup banyak minyak ke dalam wajan, lalu panaskan hingga mendidih. Goreng daging ayam hingga setengah matang saja. Jika sudah, segera matikan kompor dan tiriskan.

Selanjutnya, kurangi takaran minyak di dalam wajan. Tumis irisan bawang putih, bawang bombay, jahe, dan cabai sampai harum. Aduk sesekali hingga merata.

4. Masak daging ayam dengan saus tiram

Setelah tumisan bawang layu dan berbau harum, masukkan saus tiram, saus sambal, kecap manis, dan sedikit air. Maka aduk seluruh bahan bumbu tersebut sampai airnya berubah warna jadi kecokelatan.

Masukkan ayam goreng ke dalam bumbu, aduk sesekali sampai terbaluri merata. Bumbui juga dengan lada bubuk, gula pasir, dan garam. Lalu masak ayam sampai bumbunya menyusut dan meresap. Sajikan ayam goreng saus tiram dengan nasi hangat.

Mengkutip dari http://ratutogel.com/ Begitulah resep praktis membuat ayam goreng saus tiram yang enak. Rasanya tidak kalah enak dengan yang dijual di restoran, dijamin bakal ketagihan. Selamat memasak.

Kategori
Kuliner

5 Kuliner Kaki Gunung di Pulau Jawa yang Lezatnya Memikat Lidah

5 Kuliner Kaki Gunung di Pulau Jawa yang Lezatnya Memikat Lidah

5 Kuliner Kaki Gunung di Pulau Jawa yang Lezatnya Memikat Lidah – Sebagai pulau yang disinggahi banyak gunung, maka banyak pula daerah di Pulau Jawa yang lokasinya berada di kaki gunung. Mempunyai hawa yang sejuk, beberapa daerah di kaki gunung ini juga memiliki kuliner khas yang lezatnya memikat hati.

Di mana serta kuliner kaki gunung apa saja yang dimaksud.

1. Tepo tahu

Selain kuliner yang terbuat dari hewan imut, yaitu satai kelinci, Magetan yang lokasinya di kaki gunung Lawu ini juga punya kuliner kaki gunung berbahan dasar lontong. Tepo tahu, namanya.

Melansir dari http://bellasbreakfastlunch.com/ Kuliner kaki gunung ini mencampurkan potongan lontong dengan bermacam sayur seperti kubis, kangkung, bayam, dan taoge. Tahu dan tempe goreng, menjadi lauk utama tepo tahu.

Menariknya, tepo tahu punya dua bumbu lho! Dapat diguyur dengan bumbu kacang atau bumbu sayur sambal. Jadi, kamu punya dua pilihan yang dapat disesuaikan dengan selera deh!

2. Doclang

Namun tidak dapat dipungkiri, Bogor adalahh daerah yang menjadi destinasi favorit penduduk ibu kota. Letaknya berada di kaki gunung Salak dan pegunungan Gede-Pangrango.

Soto mi dan asinan bogor memang enak. Tapi, jangan lupakan keberadaan doclang ketika kulineran di Kota Hujan! Doclang berisi irisan lontong atau ketupat yang dilengkapi dengan tahu goreng, taoge, kentang dan telur rebus.

Sebelum disajikan, doclang diguyur bumbu kacang dan ditutup dengan renyahnya kerupuk yang meningkatkan selera makan.

3. Ayam kalasan

Sleman adalah daerah di Yogyakarta yang letaknya di kaki gunung Merapi. Kuliner kaki gunung yang memikat lidah dan cukup populer hingga berbagai daerah di Indonesia, ada ayam goreng kalasan.

Yang membedakan olahan ayam ini dengan lainnya yaitu bumbu yang digunakan. Keberadaan air kelapa dan gula merah, membuat ayam kalasan mempunyai rasa yang berciri khas.

4. Gulai melung

Gulai melung merupakan gulai yang berbahan dasar kambing. Tidak hanya daging, gulai melung diisi juga oleh tulang kambing dan beberapa bagian pada kaki maupun kepala kambing yang menjadi ciri khas dari gulai ini.

Gulai melung berasal dari Purbalingga, daerah di Jawa Tengah yang lokasinya berada di kaki gunung Slamet.

5. Nasi lengko

Majalengka berada di kaki gunung Ciremai, Jawa Barat. Kuliner kaki gunung yang dapat kamu nikmati selain surabi oncom, juga ada nasi lengko.

Nikmat banget disantap pada siang hari. Nasi lengko memiliki pelengkap berupa tempe, tahu, taoge, timun, dan telur yang kemudian diguyur dengan bumbu kacang serta kucuran kecap manis.