Kategori
Kuliner

Kuliner Khas Kutai Barat yang Populer

Kuliner Khas Kutai Barat yang Populer – Kutai Barat merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Timur dengan Sendawar sebagai pusat pemerintahannya. Mengkutip dari http://food-rules.com/ Berkunjung ke kabupaten ini kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi aneka macam hidangan khas bercita rasa unik yang kelezatannya menggugah selera. Terlebih lagi hidangannya hanya menggunakan bahan-bahan pilihan yang berkualitas.

Rekomendasi 5 Kuliner Khas Kutai Barat Yang Patut Di Coba

1. Bobongko

Bobongko merupakan makanan berwarna kehijauan yang terbuat dari tepung beras dan perasan daun suji. Dibungkus menggunakan daun pisang. Melansir dari https://116.193.191.130/ Hal inilah yang membuat aroma bobongko sangat khas. Tekstur bobongko lembut dan juga kenyal dengan cita rasa manis nan gurih yang nikmat. Biasanya disajikan bersama kuah kental dari santan atau kuah kental dari gula merah.

2. Jelore

Jelore terbuat dari tepung sagu dan pati singkong. Bentuknya mirip seperti bihun. Untuk menyajikannya kamu hanya perlu menyiapkan minuman hangat seperti susu kemudian mencampurkan jelore ke dalamnya.

3. Bubur jagaq

Bubur jagaq merupakan salah satu jenis bubur yang terbuat dari biji-bijian jagaq. Bentuk biji-bijian ini menyerupai gandum. Sebelum diproses menjadi bubur, biji jagaq harus dijemur terlebih dahulu selama dua hari hingga kering. Kemudian biji jagaq yang telah kering tersebut ditumbuk halus lalu dimasak dengan diberi tambahan santan, gula merah, dan garam. Maka masyarakat setempat kerap menjadikan bubur jagaq sebagai menu sarapan pagi.

4. Baung masak durian

Hidangan ini cocok dinikmati oleh mereka yang menyukai buah durian. Baung merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dijumpai di perairan Kutai Barat. Untuk membuat hidangan ini durian harus melalui proses fermentasi terlebih dahulu. Setelah itu baung dan fermentasi durian dibungkus menggunakan daun pisang seperti saat membuat pepes. Cita rasanya gurih nan unik membuat banyak orang penasaran ingin mencicipinya.

5. Tumus telur tebu jelore

Tidak terlalu sulit untuk membuat hidangan ini karena prosesnya tak jauh berbeda seperti saat menumis sayur pada umumnya. Kamu hanya perlu mencampurkan telur, tebu, jelore, aneka macam sayur, dan bumbu rempah-rempah. Maka rasa tumus ini akan semakin nikmat saat disantap dengan nasi hangat.