Kategori
Kuliner

Resep Empal Kupat Kuliner Khas Purwokerto

Resep Empal Kupal Kuliner Khas Purwokerto

 

Maka jika berkunjung ke Kabupaten Banyumas tidak ada salahnya untuk mampir ke Kota Purwokerto, sekedar untuk mencicipi makanan khas yang satu ini. Ya, namanya adalah empal kupat, sajian yang sering menyantap untuk kapan saja menurut http://food-rules.com/.

Resep Empal Kupal Kuliner Khas Purwokerto

Melansir dari https://103.55.37.28/ empal kupat menggunakan bahan yang sederhana namun menciptakan kaya rasa. Sehingga kamu bisa sendiri, lho, membuatnya ke rumah sebagai sajian makan keluarga.

Bahan yang menggunakan

  • Bahan-bahan:
    1/2 kg daging sapi
    1/4 kg dari jeroan
    Ketupat
    Bahan bumbu halus:
  • 1 liter santan
    1/4 kg kelapa parut muda
    5 siung bawang merah
    3 siung bawang putih
    Cabe rawit sesuai selera
    1 butir kemiri
    Ketumbar secukupnya
    Merica secukupnya
    2 atau 3 lembar daun jeruk
    Kunyit secukupnya
    Laos secukupnya
    Jahe 1-2 ruas
    Daun salam
    Gula pasir secukupnya
    Garam secukupnya
    1 biji pekak
    2 butir dari cengkeh
    Adas sejumput

Iris besar daging dan jeroan sapi

Pertama, iris besar daging sapi serta jeroannya, kemudian cuci hingga bersih, dan sisihkan. Selanjutnya, potong bawang merah dan bawang putih menjadi kecil-kecil kemudian tumis dengan api kecil.

Tumis bumbu-bumbu hingga harum

Setelah semua bumbu potong, haluskan dan campur menjadi satu. Kemudian siapkan wajan untuk menumis. Tambahkan sedikit minyak, masukkan bawang merah, bawang putih, lalu tumis dengan bumbu halus hingga warnanya berubah kecoklatan. Tuangkan santan dan masukan bumbu-bumbu lainnya, kemudian masak hingga mendidih.

Masukan daging sapi ke dalam kuah santan

Setelah bumbu matang merata dan mengeluarkan aroma, masukkan daging sapi serta jeroan ke dalam kuah santan. Masak sekitar 30-45 menit, atau cek rasa apakah sudah empuk dagingnya sesuai selera kamu. Setelah daging benar-benar empuk, tambahkan kelapa sangrai dan masak lagi hingga bumbu meresap.

Iris daging dan jeroan untuk menyajikan

Maka kalau sudah matang, iris kecil-kecil daging sapi dan jeroan. Namun siapkan mangkuk, masukan daging, jeroan, kupat dan siram kembali dengan kuah empal. Berikan taburan bawang goreng agar lebih gurih. Namun jika kamu cukup sibuk dengan kegiatan, sajian ini bisa memasak untuk makan malam keluarga. Mengenyangkan dan mendekatkan keluarga kamu melalui sajian ke meja makan.